Multidimensional Scaling


Tujuan dari multidimensional scaling (MDS) adalah untuk memberikan gambaran visual dari pola kedekatan yang berupa kesamaan atau jarak diantara sekumpulan objek-objek. Penerapan MDS dapat dijumpai pada visualisasi ilmiah dan data mining dalam ilmu kognitif, informasi, pemasaran maupun ekologi.

Misalnya ketika konsumen  potensial diminta untuk membandingkan produk dan melakukan penilaian mengenai kesamaan produk tersebut. MDS dapat menunjukkan dimensi penilaian dari responden secara langsung ke dalam pola visualisasi kedekatan mengenai kesamaan produk, berbeda dengan analisis faktor atau diskriminan yang melibatkan penilaian dari si peneliti. Karena keunggulan inilah MDS merupakan suatu alat yang paling umum digunakan dalam pemetaan perceptual (perceptual mapping).

MDS sangat popular dalam penelitian bidang pemasaran untuk perbandingan brand, dan pada psikologi ia digunakan untuk mempelajari dimensi ciri-ciri pribadi. Penggunaan lain MDS adalah pada aplikasi yang menggunakan ranking, rating, pembedaan persepsi, atau dalam pengambilan suara (voting).

Ilustrasi Analisis MDS Berbasis Atribut

Dari survey yang dilakukan terhadap konsumen susu dari beberapa merk, maka dapat diketahui beberapa atribut susu, antara lain: (a) rasa, (b) kekentalan, (c) kandungan gizi, (d) warna, (e) kemasan, (f) kelengkapan informasi pada kemasan, (g) manfaat yang dirasakan, dan (h) kemudahan memperoleh produk.

Pertanyaan yang diajukan adalah:

Bagaimana pendapat anda mengenai produk susu …….. yang anda konsumsi?

Setelah itu kita dapat menyajikan hasil survey tersebut dalam bentuk sebuah tabel seperti berikut ini:

Untuk memetakan data tersebut ke dalam bentuk peta perceptual (perceptual mapping) dengan bantuan software SPSS 17.0 maka dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Input data anda ke dalam worksheet SPSS sebagai berikut:

2. Kemudian pilih pada menu ANALYZE – SCALE – MULTIDIMENSIONAL SCALLING (ALSCAL), seperti berikut ini:

3. Setelah muncul kotak dialog Multidimensional Scaling, masukkan semua variabel ke dalam kotak variables, pada SHAPE, pilih RECTANGULAR, kemudian klik MODEL disamping kanan atas.

4. Setelah muncul kotak dialog Multidimensional Scaling – Model, maka kita dapat memilih pada Level of Measurement INTERVAL (sesuai jenis data), dan pada Conditionality adalah ROW agar perbandingan dilakukan antar row/kolom saja, kemudian klik CONTINUE.

5. Setelah keluar ke kotak dialog pertama, klik OPTION, lalu centang GROUP PLOTS, kemudian klik OK.

6. Outputnya akan ditampilkan sebagai berikut:

Dari output kita dapatkan kedekatan masing-masing atribut (row 1 – row 7) terhadap masing-masing merk susu berdasarkan persepsi konsumen dalam sebuah pemetaan perseptual dua dimensi. (yoz)

About these ads
  1. Wui…. berbobot banget neh artikel.. meski gw agak pusing bacanya, tapi yang jelas ilmu ini berguna banget buat kita semua.. Good boss.
    Ditunggu kunjungan baliknya.. Thanks.

    • ekawidya
    • Februari 20th, 2010

    mau dong pembahasan ttg correlation analysis juga ^.^

      • ariyoso
      • Februari 20th, 2010

      Sebenernya analisis korelasi dah dibahas di statistik 4 life neng, coba di kotak search ketik ‘korelasi bivariat’…atau di daftar library: umum,,

    • gunar
    • Februari 25th, 2010

    mau dong penjelasan untuk mds yg non atribut

  2. Nice Artikel… :)

    • ican
    • Maret 22nd, 2010

    thanks for sharing your knowledge..Bravo!!

  3. wah keren banget nih artikel…

  4. good tutrial boys…

    • sarita
    • Mei 31st, 2010

    pak saya sedang menggunakan mds dalam skripsi..saya mengolah mds berbasis atribut tetapi garis vektornya tidak keluar.. itu bagaimana ya caranya? cara memasukkan 100 data dalam analisis mds atribut bagaimana caranya? terima kasih..

  5. Aku paling susah memahami mata kuliah statistik.

    Bisa jadi tempat tambah ilmu nich.
    Hehehehe, , , , , , ,

    • supri
    • Juli 3rd, 2010

    Wah kebetulan skripsi saya tentang multidimensional scaling ni. jadi sangat membantu saya..thanks banget.

  6. mas Bagus nich blog bermanfaat bener….
    ilmu yang mas buat bisa menjadi amal,,,
    aminnn……
    mas bisa di emailkan cara penghitungannya di SPSS soalnya saya melakukan penelitian tugas akhir yang berhubungan dengan analisis ini. tugas akhir saya berjudul “Kajian Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Taksi di Kota Bandung”

    • nurul
    • Maret 15th, 2011

    wah,,, sangat membantu saya mengerjakan tugas… trima kasih ^_^

    • Zainuri
    • Mei 16th, 2011

    Pak,, Bagaimana metode MDS terboboti? Saya agak bingung. Saya sedang mengerjakan skripsi..
    Terima kasih bapak.

    • irwan
    • Desember 21st, 2011

    pak,bagaimana cara menjelaskan euclidean distance model diatas,,,?

      • S4L
      • Desember 29th, 2011

      row menyatakan atribut yang digunakan,,disitu bisa dilihat row 1 atau a mewakili atribut rasa memiliki kedekatan dengan responden yang memilih susu cap “xuxu”, “nyonya tua”, “sapi gemuk”, dan “gembira…demikian halnya dengan row 4 (atribut warna), dan row 7 (atribut manfaat) dipilih oleh responden mewakili produk susu “wahwah”,,begitu pula seterusnya..
      intinya masing-masing produk memiliki atribut yang diunggulkan berdasarkan persepsi konsumen tergambar pada euclidian distance.

  7. thanks a lot sir for your nice sharing. sangat bermanfaat :) salam sukses

  8. makasih bos

  9. ass.wr.wb
    terima kasih untuk infonya mengenai mds
    saya kebetulan sedang menyusun skripsi dengan menggunakan teknik analsis mds (berbasis atribut), yang saya tahu adalah mengukur atribut yang diunggulkan oleh pelanggan diukur dengan euclidian distance. namun ada beberapa hal yang kurang saya pahami dalam cara memberikan nama/label pada (dua) dimensi perpectual map di sumbu x&y, caranya bagaimana/ tidak perlu dilabel-kan ya,pak?
    terima kasih

      • S4L
      • Mei 1st, 2012

      klopun ingin dilabeli,,lakukan aja secara manual oke..

    • indah soraya
    • Mei 11th, 2012

    pak,mau tanya, itu pembahasan diatas brp responden yg diambil?atau itu MDS 1 responden?

      • S4L
      • Mei 11th, 2012

      ya, karena contoh disini MDS berbasis atribut..untk non atribut, kolomnya akan berisi responden

    • Aprilia Daryani
    • Mei 11th, 2012

    pak,kalau mau menganalisis 100 responden bagaimana cr input ke SPSS ny?? trmaksh

      • S4L
      • Mei 11th, 2012

      tinggal copy paste dari excell ke SPSS kan..

  10. artikel yang bagus dan mudah dipahami.. keep posting

  11. mohon maap kalau saya ingin menanyakan data atributnya seperti tingkat kepentingan dibandingkan dengan tingkat pengaruh bisa tidakya? kebetulan saya ingin perception map dari stakeholder (positioning stakeholder seperti itu) . terimakasih

    • Tia
    • Oktober 20th, 2013

    postingannya bagus bnget,,, sangat membantu… oh ya posting uji korespondensi dan biplot dong

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: