Regresi Dengan Eviews


Meneruskan bahasan Regresi Linier Berganda sebelumnya, pada bahasan ini kita akan menjalankan regresi linier berganda dengan bantuan software eviews 5.1.

Ilustrasi contoh:

Seandainya kita memiliki variabel dependen (Y) tingkat inflasi di Amerika Serikat, dengan variabel independen yang diamati adalah kurs Yen terhadap US$ (X1), kurs Rupiah terhadap US$ (X2), dan kurs US$ terhadap Poundsterling (X3), maka kita akan memilki model sebagai berikut:

Y = β0 + β1X1 + β2X2 + β3X3 + ε

Berikut adalah data-datanya selama 10 tahun dari tahun 1979 – 1988:

TAHAP MENGIMPOR DAN MENGINPUT DATA,

1. Buka software Eviews, kemudian klik NEW – WORKFILE, maka akan muncul tampilan workfile create, kemudian frequency kita pilih ANNUAL karena kita menggunakan data tahunan (10 tahun), jika anda menggunakan data bulanan atau kuartal anda bisa memilih monthly atau quarterly, kemudian pada start date kita masukkan tahun awal 1978 dan pada end date kita isikan tahun akhir, pada contoh ini 1988 kemudian klik OK, seperti tampilan berikut:

2. Setelah muncul tampilan workfile:untitled, anda bisa memilih dari menubar FILE – IMPORT – READ TEXT LOTUS EXCELL, seperti berikut:

3. Nah disitu anda mencari data yang anda input dalam bentuk Microsoft excel tadi, misalnya di my document, kemudian klik dua kali data tersebut sehingga muncul tampilan Excell Spreadsheet Import, kemudian kotak upper left data cell masukkan posisi data anda di excel tadi, misalkan di sel B2, pada kotak name for series isikan juga nama data, pada kasus ini adalah Y, X1, X2, X3 atau anda bisa saja menuliskan jumlah variabel yang digunakan dalam model, misalnya dalam kasus ini kita menggunakan 4 variabel (dependen dan independen), maka eviews akan membaca nama variabel sesuai yang kita tulis di excel tadi – klik OK seperti berikut:

4. Maka hasilnya menjadi,

MENJALANKAN REGRESI LINIER BERGANDA

1. Setelah langkah MENGIMPOR DATA diatas selesai, kita akan melakukan analisis regresi linier dengan memilih menu OBJECT – NEW OBJECT seperti berikut:

2. Setelah muncul kotak dialog new object, anda dapat memilih EQUATION, dan pada kolom name for object isikan misalnya REGRESI_1 – lalu klik OK.

3. Nah dapat kita lihat kotak dialog Equation Estimation, kita akan melanjutkan dengan memasukkan model regresi yang kita gunakan, misalnya seperti berikut, upsss!!! jangan lupa isikan C sebagai constant term atau konstanta, kemudian klik OK,

4. Kemudian akan dihasilkan output sebagai berikut:

Untuk interpretasi hasil, anda dapat melihatnya pada bagian lain bahasan disini >> , menjalankan regresi linier dengan software stata 12 bisa anda lihat disini >>>

beli buku referensi dan step by step pengerjaan teknik regresi dengan software SPSS:

  • Analisis Regresi Dengan  Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS oleh Fridayana Yudiatmaja; lihat buku >>>

beli buku referensi pengerjaan teknik regresi beserta pengujian asumsi klasiknya dengan software eviews:

  1. Analisis Ekonometrika Data Panel oleh Mahyus Ekananda; lihat buku >>>
  2. Metode Regresi Data Panel Dilengkapi dengan Analisis Kinerja Bank Syariah di Indonesia oleh Dr. Jaka Sriyana; lihat buku >>>
  3. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya; Disertai Panduan Eviews, oleh Agus Widarjono Ph.D; lihat buku >>>
  4. Analisis Ekonometrikan dan Statistika Dengan Aplikasi Eviews, oleh Wing Wahyu Winarno,lihat buku >>>

3 thoughts on “Regresi Dengan Eviews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s