Regresi Data Panel


Meneruskan bahasan sebelumnya mengenai pengantar data panel dan cara input data panel, maka pada bahasan ini akan ditunjukkan langkah-langkah melakukan regresi data panel dengan ilustrasi contoh yang cukup sederhana menggunakan bantuan eviews 5.1. Jika anda belum terlalu memahami apa itu data panel dan apa fungsinya anda bisa melihat terlebih dahulu pada bahasan sebelumnya disini >>>

Misalnya kita memiliki data sebagai berikut:

disini kita menggunakan ekspor sebagai variabel dependen dan konsumsi serta produksi sebagai variabel independen, dengan jumlah pengamatan selama 4 tahun terhadap masing-masing komoditi.

Langkah-langkah untuk meregresikan data panel tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tahap Menginput data.

Tahap ini telah dijelaskan sebelumnya pada bahasan analisis data panel, karena itu tidak akan dijelaskan lagi disini, anda kembali dapat melihatnya tahapan input data panel pada eviews disini >>>

Setelah itu, data akan terinput sebagai berikut:

Kali ini regresi data panel yang kita gunakan adalah dengan menggunakan dua variabel independen, tetapi pada prinsipnya dengan salah satu variabel dependen pun bisa dilakukan.

2. Setelah tahapan diatas dilakukan, pastikan anda membuka lembar kerja POOL: Ekspor yang telah anda masukkan pada tahap input data tadi, kemudian ESTIMATE, yang kemudian akan memunculkan worksheet POOL ESTIMATION seperti berikut ini:

3. Setelah muncul worksheet POOL ESTIMATION maka anda dapat menginput dependent variable dimana pada contoh ini adalah EKSPOR, dan common coefficient yaitu KONSUMSI dan PRODUKSI, kemudian klik OK, seperti berikut ini:

4. Outputnya akan ditunjukkan seperti berikut: Nah, dari output anda dapat melihat koefisien masing-masing variabel yang digunakan sebagai prediktor.

beli buku referensi dan step by step bekerja dengan data panel:

  1. Analisis Ekonometrika Data Panel oleh Mahyus Ekananda; lihat buku >>>
  2. Metode Regresi Data Panel Dilengkapi dengan Analisis Kinerja Bank Syariah di Indonesia oleh Dr. Jaka Sriyana; lihat buku >>>
  3. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya; Disertai Panduan Eviews, oleh Agus Widarjono Ph.D; lihat buku >>>
  4. Analisis Ekonometrikan dan Statistika Dengan Aplikasi Eviews, oleh Wing Wahyu Winarno,lihat buku >>>