Cross Tabulation (Crosstab)


Dalam penelitian sosial ekonomi, kita akan seringkali menemukan data kategorik daripada data interval. Data ini biasanya dapat disajikan dalam 2 bentuk, dalam bentuk list atau table. Jika kita ingin melihat hubungan antara pekerjaan yang terdiri dari karyawan swasta (0), pegawai negeri (1), usaha sendiri (2) terhadap jenis kelamin (0=pria; 1=wanita) di sebuah kota “Y”, maka data yang disajikan dapat berbentuk sebagai berikut:

Atau dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Ketika data telah dikonversi dalam bentuk table 2×3 seperti di atas, kita akan lebih mudah menginterpretasikannya, karena dapat langsung kita tarik kesimpulan jumlah pria atau wanita yang berprofesi sebagai karyawan swasta, pegawai negeri ataupun usaha sendiri. Misalnya di kota “Y” kita ketahui bahwa pria yang bekerja sebagai karyawan swasta berjumlah 6 orang, begitu pula wanita yang berprofesi sebagai pegawai negeri berjumlah 4 orang. Tabel yang sama juga dapat kita buat untuk 2×2, 2×4, 3×4 dan seterusnya.

Masalahnya adalah ketika data yang kita miliki berjumlah banyak, tentunya akan sulit untuk berhitung manual karena dengan jumlah data yang banyak maka tingkat kesalahan akan tinggi. SPSS juga menyediakan fasilitas konversi data dalam bentuk list ke bentuk table melalui menu descriptive – crosstab (tabulasi silang). Menu crosstab pada SPSS dapat digunakan untuk menghitung kasus-kasus yang melibatkan banyak variabel dan kombinasi nilai antar variabel yang berbeda.

Tahapan menjalankan crosstab dengan SPSS adalah dengan memilih analyzedescriptivecrosstab seperti berikut ini:

Kemudian pada kotak dialog crosstab, pindahkan masing-masing variabel ke kolom factor list atau dependent list;

Output:

Dengan sajian output tersebut data yang terdiri atas banyak kasus dan variabel akan lebih mudah diterjemahkan serta dilihat hubungannya dalam satu kesatuan. Untuk penyajian yang lebih lengkap dengan IBM SPSS 23 lihat disini >>>

beli buku referensi statistika deskriptif dilengkapi dengan perhitungan manual dan software SPSS; lihat buku >>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s